Friday, January 03, 2014

Super Klenger Bukan Gatutkaca



Haloo D'Klengers, buat yang belum kenal, perkenalkan saya Super Klenger.

Iya, nama saya Super Klenger lho, bukan Gatutkaca. Karena banyak yang ngotot bilang saya Gatutkaca, nih sekarang saya jelasin tentang Gatutkaca yang beneran. Abis itu baru kita ngobrol tentang asal usul saya yaa, kenapa saya bisa mirip dengan Gatutkaca.

Gatutkaca atau Gatotkaca terkenal banget di Indonesia sebagai tokoh sakti dalam kisah pewayangan Mahabharata. Mahabharata sendiri adalah karya sastra dari India, ditulis oleh Begawan Vyasa ratusan tahun sebelum Masehi

Seiring dengan masuknya kebudayaan Hindu ke Indonesia, kisah Mahabharata juga mulai dikenal di Indonesia. Kisah-kisah Mahabharata disadur oleh para Empu di masa lalu ke dalam bahasa Jawi kuno. Antara lain Kitab Arjunawiwaha oleh Empu Kanwa, dan Bharatayudha oleh Empu Sedah dan Empu Panuluh. Uniknya, nama-nama tempat di India diubah jadi nama-nama tempat di tanah Jawa. Misalnya Gunung Mahameru tempat bertahtanya para dewa diubah menjadi Gunung Semeru.  Kerajaan Mandura menjadi Madura, dan banyak lagi. Dengan lokalisasi ini, kisah Mahabharata jadi sangat akrab bagi rakyat Indonesia, bahkan banyak orang percaya Mahabharata adalah kisah yang beneran pernah terjadi di Indonesia.

Di Indonesia Gatutkaca dikenal sebagai pemuda gagah dan tampan, mengandalkan pukulan tangan kosong yang dahsyat untuk mengalahkan lawan. Berbeda dengan versi Indianya, Ghatotkacha, yang berwujud raksasa yang bersenjatakan gada seperti ayahnya, Bheema (Bima). Di Indonesia ada banyak perwujudan Gatutkaca, mulai dari wayang kulit, wayang golek, wayang orang, sampai versi komik yang dari masa ke masa terus berkembang. Pada awalnya di Indonesia Gatutkaca dikenal dengan wujud raksasa lengkap dengan taring, sebagaimana di India. Tapi Sri Susuhunan Pakubuwana II (1711-1749), raja Kasunanan Kartasura memerintahkan agar sosok Gatutkaca diubah menjadi pemuda tampan. Sejak itu Gatutkaca digambarkan menyerupai Bima yang tampan dan gagah, dengan ciri khas kumis tebalnya. Sampai-sampai di Jawa banyak orang yang berkumis dipuji “Keren seperti Gatutkaca”. Nih, di bawah ini ada beberapa versi Gatutkaca di India dan Indonesia.

 Ghatotkacha versi India

Gatutkaca versi wayang kulit

Gatutkaca versi wayang golek

Gatutkaca versi wayang wong (wayang orang)

Gatutkaca versi komik RA Kosasih.

Nah, setelah D'Klengers tahu sedikit tentang Gatutkaca, dalam postingan berikutnya Super Klenger akan ceritain Legenda Gatutkaca yang penuh kehebohan, mulai dari lahir sampai kematiannya.... Lho kok mati? Hiks, kok belum-belum udah sedih ya? Iya, Gatutkaca gugur dalam perang Bharatayudha saat melawan... eh kok malah cerita kematiannya duluan. Nanti dulu, mulai dari lahir dulu dong. Makanya, terus ikutin yaa!


Super Klenger

No comments: